Dreams do come true

Gak tahu mulai dari umur berapa tapi kalau ditanya orang cita-cita lo apa jawabannya adalah cita-cita gw keliling dunia. Mungkin ini agak-agak aneh tapi ga tau kenapa dari dulu kalau liat foto menara Eiffel atau Big Ben reaksi gw malah PENGEN NANGIS. Mungkin gara-gara kepengen banget banget sampai kebelet. Heck, alasan gw ngelepas Hukum Unpad dan masuk HI Unpar juga gara-gara pengen keliling ngelihat dunia *anaknya Taurus banget, sekali punya goal susah ngelepasinnya*

Dan gw selalu percaya mimpi yang selalu gw selipkan di tiap shalat ini bakal kesampaian. Percaya kalau suatu hari Menara Eiffel bakal ada di depan mata dan bukan cuma lihat di foto atau kartu post atau denger dari cerita orang.

And guess what,  Tahun 2013 kemarin Allah ngasih rejeki buat gw kesana. Alhamdulillah. Sebenernya postingan Eropa ini mestinya ditulis tahun lalu pas lagi fresh freshnya tapi apa daya gw pemalas binti penunda jadi baru setahun kemudian bikinnya. Gapapalah yaa lebih baik terlambat daripada gak sama sekali.

Nah, berhubung baru lulus kuliah s2  dan belum dapat penghasilan tetap jadi biaya perjalanan ditanggung oleh ayahanda yang baik hati dengan syarat harus pake tour dan ditemenin sama adik perempuan gw. Berhubung badan eike agak2 rapuh dengan penyakit penyakit yang sering kambuh belum lagi alergi makanan dan alergi dingin  jadi mau ga mau harus nurut aja sama titah tuan besar. Bye bye backpacking. Anyway for extremely cool europe couple backpacking stories you should see my friend’s blog here

Akhirnya setelah survey berbagai macam travel agent yang bisa ngasih akomodasi lengkap,jumlah kunjungan ke kota-kota impian sama tentunya harga yang cucok  terpilihlah (drum roll please) : Golden Rama tour and travel

Golden Rama ini banyak banget pilihan turnya. Dari Eropa ada, Asia ada, Afrika, Amerika, Eropa apalagi. Cruises juga ada. Sayang aja mereka belum nyediain tur ke hatimu *Eh* Jadilah kita gak cuma ke Paris aja tapi melipir ke negara-negara tetangganya (say whaaaat? aaaaaaa). Sayangnya paket yang gw pilih ini gak ada tujuan Spanyolnya. Soalnya kalau ke Spanyol negara tujuannya cuma sekitaran Perancis dan kota-kota di Spanyol dan ga melipir ke negara-negara atas. Jadi apa boleh buat, perjumpaan kita harus ditunda dulu ya Mas Iker.

Come to Papa

Iya mas bentar yaa mas

Waktu : 2 minggu

Negara yang dikunjungi

1. Inggris (London)

Sebetulnya ada juga paket Eropa Barat yang gak pakai London tapi sayang banget kalau udah kesana dan ga ke negaranya Pangeran William ini kan. Nah nambah biaya buat ke 1 negara ini aja memang lumayan mahal. Sekitar 10 juta 1 orang buat 1 hari aja. But it’s worth the price

2. Belgia

3.Belanda (Amsterdam)

4.Perancis (Paris)

5.Swiss (Zurich,Lucerne)

6.Italia (Roma,Venezia,Pisa,Milan)

7.Vatikan

Akomodasi

Pesawat pulang pergi naik SQ,Bus,Makan sehari 2 kali dan Hotel minimal bintang 3

Nah meskipun akomodasi dll udah diurus sama travel ternyata masih banyak printilan yang harus kita urus apalagi kalau buat bikin VISA. Apalagi karena harus ke London jadi ada dua visa yang harus dibikin, Visa UK sama Visa buat bebas melipir ke negara-negara Eropa Barat alias Schengen. Visa Schengen ini berlaku di 25 negara Eropa. Jadi kalau visa itu udah di tangan kamu bisa bebas melipir masuk koprol tiger sprong ke 25 negara itu.

Persyaratan Visa, diantaranya

1. Passport  pastinya. Pastiin passport kita expirednya masih agak lama minimal sekitar 8 bulan sampai setahunan. Kebetulan passpot gw sama si adik waktu itu habis jadi kita harus perpanjang lagi. Untung buat passport ini bisa sekalian minta dibantu sama orang dari Golden Ramanya jadi tinggal datang,foto, dan wawancara sebentardi kantor imigrasi. Wawancaranya juga seputaran “Mau kemana aja kok perpanjang passport”

2.KTP,kartu keluarga,kartu kredit

3.Surat izin orangtua atau suami

4.Rekening bank yang harus diisi dengan nominal minimal 7 digit, if I’m not mistaken (Gak harus uang kamu juga gapapa yang penting ada laporannya kalau rekening kamu ada isinya)

5.Rekening koran beberapa bulan terakhir yang bisa diminta di Bank,

6.Surat keterangan dari universitas atau kantor kalau kamu benar pernah sekolah atau sedang bekerja disitu

7.Surat jaminan (biasanya dari kantor) kalau kamu bakal kembali ke Indonesia. Karena banyak kejadian turis yang ikut tour and travel gini tapi malah kabur-kaburan. Biasanya buat cari kerja di luar sana. Tour guide gw cerita waktu dia bawa grup travel ke Amerika kalau ga salah, ada dua orang yang kabur dan cuma ninggalin note : Maaf ya Pak, saya mau tinggal sama saudara saya disini. Makjangjang moga-moga mereka masih sehat wal afiat atau mungkin udah kerja di salah satu rumah artis Hollywood kayak Mbak Ani yang kerja di rumah Adam Levine. Mbak Ani, aku padamuuuuu. Kalau capek mungkin mau gantian sama sini Mbak. *siap cuci jemur celana Mas Adam*

8.Wawancara dan pengambilan foto. Nah, kalau untuk visa Schengen yang ikutan tur gini terbilang gampang soalnya sudah diurus sama travel agentnya. Kalau tips tips ngurus sendiri bisa diliat disini. Kalau buat visa UK kita mesti datang sendiri ke kantor perwakilan visa di Plaza Asia, Jl. Jend. Sudirman Kav. 59 buat ngambil foto dan sidik jari.

9.Biaya pengurusan visa schengen sekitar 60 euro dan visa UK lengkapnya bisa dibaca disini  

Baju

Selesai persyaratan visa passport dan dokumen lainnya ada lagi yang harus kita pikirin yaitu CUACA. Bulan Oktober kemarin untungnya cuaca di Eropa lagi enak-enaknya karena menuju autumn (musim gugur). Jadi baju juga harus disesuaikan dengan cuaca disitu. Gak lucu juga kalau  kita malah muncul pake tank top sama hot pants. Dingin cyn ntar gak lucu kalau foto depan Eiffel punggungnya penuh kerokan. Gw cuma bawa baju buat 1 minggu dan 1 baju tidur berhubung desas desus dan mitos lainnya bilang kalau di sana sih gak usah ganti baju soalnya ga akan keringetan ini. Ternyata mitos itu GA SEPENUHNYA BENAR WAHAI PEMBACA. Memang dingin sih tapi kalau cuacanya panas tetap aja keringetan dan ujung-ujungnya mesti ganti baju. Eropa bukan negeri AC,noted. Jadi kalau lagi autumn gitu enaknya tetap pakai baju lengan panjang atau jaket tapi yang ga tebal-tebal amat. Pakai long john juga cukup, jangan lupa syal sama siapin legging khusus autumn sama kaos kaki. Pakai boost oke tapi kalau tahan dingin sih flat shoes juga jadi. Tergantung negara yang dikunjungi juga. London,Belgia,Paris relatif normal sekitaran 15-20 derajat. Swiss agak dingin, Belanda dingin banget (more on this latter) dan Italia paling panaaaas (kalau orang Sunda bilang sih kesangan cyn kesangan). Kalau kamu tinggal di Bandung semua perlengkapan tadi bisa dibeli di Twig House. Asli ini toko lengkap banget baju berbagai musimnya. Pegawainya informatif banget ngasih tahu apa bedanya baju,kaos kaki, winter sama autumn yang agak-agak mirip. Ngebantu banget buat orang Indonesia macam gw yang udah terbiasa sama 2 musim dan ga gonta-ganti kaos kaki.

Bahasa

Gak semua orang Eropa bisa bahasa Inggris. Jadi tenang aja, bahasa tubuh sama bahasa tarzan pun mereka ngerti. Tapi bagusnya sih bawa buku panduan bahasa standar masing-masing negara at least kalau nyasar masih bisa pulang ke hotel. Buat yang muslim dan ga boleh makan babi kalau saran temen gw adalah : Bikin gambar babi di kertas trus disilang gede-gede dan gambar ayam dikasih tanda check list. Itu berguna sekali kalau ketemu pelayan-pelayan yang sama sekali ga bisa bahasa Inggris.

Komunikasi

Ga usah khawatir, Eropa itu wifinya dimana-mana. Siapapun yang bilang itu pasti belum pernah ngerasain jadi fakir Wifi. Ternyata gak dimana-mana juga. Jadi mau gak mau kita harus siap beli pulsa agak banyak. Kalau mau bawa nomor dari sini gw saranin pake pra bayar aja biar ga ribet dan tagihan gak tiba-tiba membengkak. Buat yang mau BBMan bisa pake paket dari 3, ini paket paling murah. Harganya 33 ribu sehari (Iya broow ini paling murah yang lain bisa 50 ribuan kecuali ada promo promo *nangis kejer*). Dulu gw ketolong banget sama paket internet XL  (entah paket ini masih ada apa engga). Paketan ini pulsa internetnya sehari gratis di setiap negara. Jadi mau upload foto di Path,Instagram,Whatsappan apapun gratis ( I feel freeeeee kalau kata Syahrini) tapi yaaa itu, cuma sehari aja. Besoknya tetep bayar per 1 mb, begitu sudah mencapai batas maksimal (sekitar 50 mb kalau ga salah) pulsa kita langsung dipotong 50 ribu TAPI pemakaian internetnya jadi unlimited. Buat anak Path,instagram,sama twitter mesti hati-hati banget, mending dinyalain aja airplane mode-nya daripada uangnya abis buat beli pulsa dan gak bisa makan.

Nah segitu aja mukadimahnya ya. Postingan-postingan berikutnya bakal bahas satu-satu negara yang gw kunjungin di  #AutumnInEurope

210

Let’s go!

xoxo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s